Posted by : adib Jumat, 25 Agustus 2017


Hei guys gimana kabar kalian? kalo gw lagi sibuk nih ama dunya (dunia nyata) makanya jarang update di dumay :v gatau kenapa tiba tiba ada keinginan buat nulis lagi di blog ini. soalnya temen zenfone c banyak yang nanya kapan update buat project fox flat. lah gw bingung dah musti jawab apa. akhirnya gw bilang jujur lah kalo zenfone c gw udah gw jual. jadi maaf banget nih buat yang nunggu update jadi bikin kecewa orang deh gw :(

sebenernya awal cerita hh gw setelah zenfone c gw jual itu gw ganti redmi 1s. lah waktu itu ada masalah gegara cuman instal xposet (entah salah versi atau apa) malah yang ada imei gw null. akhirnya coba deh gw benerin sendiri tapi akhirnya masih null. gw bingung dah akhirnya gw jual. pas gw jual harusnya pasaran redmi 1s itu kisar 1jt an tapi gegara imei yang ilang akhirnya laku cuman 800ribu. untunglah seenggaknya laku daripada ga sama sekali. dan akhirnya gw ketemu dah ama si andromax a ini. awal cuman gw pikir andromax a udah menyamai redmi 2 lah kalo segi software dan keunggulannya udah 4g. tapi sayang prosessornya masih jelek daripada redmi. bukan jelek sih tapi kelas masih menengah lah. akhirnya gw putusin beli nih hh akhirnya gw beli deh nih hh. itu sedikit jawaban (banyak begitu dibilang sedikit :v) bahwa gw gabisa ngelanjutin project fox flat ini maaf banget :( awalnya mau ngedev di andromax a ini. tapi gw coba modding malah sering bootloop. mungkin karena faktor keberuntungan kalo, bukan face ya gw ganteng kok :v

oke langsung ke inti postingan sesuai dengan judul ini. gw mau share nih pengalaman gw make hh ini buat main mobile legend. gw udah lama sih main mobile legend. cuman belum pernah main di nih hh soalnya gw pake laptop, pake remix os. di lain posting gw coba posting buat install remix os barangkali ada yang request. lama gw main di laptop. gw rasa gw ga bisa flexible kalo main. kemana mana kalo mau party ama temen temen selalu bawa laptop kesana kemari. akhirnya gw memberanikan diri buat main di nih hh walaupun harus maksa sih :'(

sebelum gw lanjut gw mau memberi tahu sebelum membaca artikel ini. kalian harus paham kalo hh kalian itu kelas low end. jadi seumpama trik ini tidak bekerja. itu mungkin ada kesalahan di kalian dalam menerapkan atau mungkin karena kondisi hh kalian sendiri yang mungkin sudah tak bisa bekerja oktimal.

Perhatikan Aplikasi Yang kalian Install

untuk pertama yang harus diperhatikan yaitu penginstalan aplikasi di hh kalian. kalo bisa install aplikasi yang memang kalian perlu. soalnya itu mempengaruhi penuh tidaknya internal memory kalian. dan jangan terlalu banyak install aplikasi yang banyak menjalankan service secara background misal aplikasi social media seperti bbm, facebook app, dsb yang memiliki service yang begitu berat. saran saya kalian install saja social media yang memang kalian perlu. atau kalian bisa menggunakan aplikasi lain untuk pengganti untuk mengakses social media kalian. seperti facebook dan twitter yang bisa kalian akses via uc browser atau browser bawaan kalian.

jadi gw harus hapus social media gw dong biar hh gw bisa main mobile legend lancar? ngga harus. tapi ini gw rekomendasikan aja soalnya udah gw coba sendiri antara waktu gw tetap install aplikasi social media gw (contoh : bbm, soalnya bbm makan ram banget) walau gw force close tetep aja gabisa maksimal. yang ada di tengah jalan malah force close mobile legendnya. tapi kalian bisa mengakalinya dengan cara selanjutnya. nanti gw kasih tau di bawah. jadi baca terus ya?

ohh iyah ini sedikit referensi, ini aplikasi yang ada di hh gw. mungkin setelah kalian lihat ini kalian bisa porsi berapa batas aplikasi yang bisa di install di hh ini








Pakai Rom Berbasis Selain Cyanogen (Direkomendasikan Rom Vivo Funtouch)

ini bukan maksudnya gw sarkas ya? (ehh sarkas kek apa aja :3). bukan gw maksud ga ngebolehin make rom yang berbasis cyanogen. soalnya gw udah test mobile legend di beberapa rom seperti rom berbasis miui, oppo, cyanogen, dan vivo. yang menurut gw paling maksimal buat andromax a itu rom vivo. kenapa? karena cuma rom ini yang punya cleaner yang betul betul menghentikan proses aplikasi user yang berjalan. selain itu rom ini juga kalo masalah baterai ya lumayan awet lah, nanti gw kasih tutor baterai awet andromax a. lah itu kenapa dilarang pake rom basis cyanogen. ga ngelarang sih cuman bait aja :v (canda) sebenarnya udah gw test di salah satu rom base cyanogen. mobile legend masih jalan sih. tapi musti kualitas low, burek burek deh tu mata kelamaan :3. tapi ga semua rom cyanogen memiliki kelemahan. ada beberapa sebagian yang sudah diberi tweak untuk bisa lebih oktimal (disini gw gamau sebut merek rom cyanogen apa aja yang kurang maksimal). pake rom yang mana? untuk rom bisa kalian cek di web cararoot.com. kalian bisa ambil darisitu, yang versi 2,5 ya vivo funtouchnya. selain itu tampilan funtouch vivo ini ya lumayan kok. kek ipun :v nih beberapa cuplikannya



diatas tadi kan udah ada bang? gpp deh. biar blog gw banyak foto chelsea islannya :v . sebenernya untuk rom ini sifatnya tidak terlalu memaksa. tapi ini direkomendasikan sekali. pilih rom yang mana mananya itu tergantung dari kalian sendiri lebih suka yang mana.

Freeze/nonaktifkan beberapa aplikasi ga penting

nah ini baru deh masuk ke tutorial pentingnya. sekarang yang harus kalian perhatikan yaitu aplikasi dari sistem yang ga begitu penting untuk berjalan di hh kalian. beberapa aplikasi ga penting juga memiliki service yang memang memakan ram. dan udah gw coba force close malah tetep jalan. ini beberapa aplikasi gw yang gw nonaktifkan. mungkin bisa jadi referensi kalian yang udah pake rom vivo funtouch. rom lain bisa menyesuaikan.


oh iya satu tambahan lagi. kalian rubah juga density kalian jadi 200. itu gw rasa juga ngefek atau cuman perasaan gw aja. tapi kalian coba aja. soalnya setelah gw rubah jadi 200 jadi lumayan lancar. kalo bingung cara ganti density. coba kalian googling. banyak tutorial buat ganti density


oh ini juga satu lagi. kalian harus ganti juga setting di opsi developer. kalian ganti animation jadi 0,5x


Pakai Greenify versi donation

kalo ini menurut gw juga wajib karena kalo mengandalkan cleaner bawaan funtouch aja gw rasa masih kurang karena gabisa hibernate aplikasi sistem bawaan. direkomendasikan untuk pakai yang versi donation ya biar kalian bisa hibernate aplikasi sistem. aplikasi mana aja yang harus di hibernate. kalian harus lihat juga apa aja yang jalan di ram. itulah aplikasi yang harus di hibernate. sekarang greenify yang baru udah ada fitur pendeteksi kalo aplikasi yang dihibernate itu ga punya service. jadi kalian bisa sortir aplikasi mana yang harus kalian hibernate atau force close. ini juga direkomendasikan untuk yang gamau menghapus instalan social medianya atau aplikasi yang mempunyai service berat. tapi seperti yang gw bilang pertama kali. kalo bisa hapus aja, dan kalian harus sadar kalo hh kalian low end, jadi jangan maksa multitasking :v. ini beberapa aplikasi yang gw hibernate yang bisa kalian contoh. sebenernya ini juga ada aplikasi sistem yang gw hibernate. cuma ga tampil di menu hibernate nya. mungkin ini kelemahan greenify yang baru.

kenapa gw memilih greenify ketimbang tweak lainnya. karna gw rasa ini tweak yang ga begitu memiliki service banyak. soalnya gw udah test pake lspeed. gw coba mode multitasking. yang ada ram makin nyesek karna banyak script tweak yang dieksekusi. otomatis daya baterai juga akan cepat habis karena banyaknya proses.

untuk satu hal lagi yang harus diketauhi dari tweak. di rom vivo funtouch ini sudah ada tweak dari porternya, ada tweak build prop juga. jadi disini gw ga menambahkan untuk cara nambah tweak dari build prop atau init.d atau apa. karena disini gw coba meringkas cara sederhana yang bisa dimengerti banyak usernya



nah sudah cukup mungkin saran dari gw, untuk hasil yang gw rasakan. gw bisa main dengan kualitas medium tanpa ada lag (kecuali karena koneksi). untuk baterai dari 100% sampai 15% gw bisa 8 kali an battle. nah untuk biar awetnya besok gw update in tutorialnya. ini beberapa tampilannya waktu gw main



Pakai GLTOOLS 

UPDATE UNTUK SETTING GLTOOLS ALA ALA ADMIN (10 September 2017) :



nah waktu lalu gw bikin opsinal tentang gl tools yang mungkin kurang lancar di mobile legendnya. tapi kok sekarang ga dijadiin opsinal. karena gw rasa ga cukup kalo ga pake gl tools. setelah gw tela ah lagi ternyata gltools ini sangat berguna banget buat mobile legend untuk penurunan kualitas render 3d nya. karena memang memori gpu kita (user andromax a) ini bisa dikatakan low banget karena cuman 400ghz kalo ga salah (kalau kurang yakin bisa cek pake kernel auditor). ya mau ga mau kalau mau mobile legend nya lancar dan ga memakan baterai yang sangat begitu deras. maka kita harus downgrade.

untuk tips ini gw saranin kita harus pake kualitas low. loh kalo low tulisan nya nanti burem dong. jadi. tenang tenang, jangan nyolot dulu dong permirsa :3 ini kita bisa mengakali lewat gl tools nanti. jadi gw sengaja in untuk downgrade kualitas grapichnya di mobile legendnya ke low. lah nanti gambarnya jelek dong? kalo udah pake gl tools pasti kualitasnya tetep bagus walau ga pake shadows.


kurang lebih untuk setting in gamenya seperti ini. agar bisa dapet hasil yang memuaskan. setelah kita menyeting setting an in gamenya. selanjutnya yaitu mulai merujuk ke setting gl tools. yang perlu kalian lakukan yaitu cari gl tools versi terbaru. gw saranin yang paling baru aja karena support fake gpu nya banyak. kalau sudah install dulu. lalu buka aplikasinya lalu pilih install via apa saja tapi gw saranin via recovery aja biar hasilnya maksimal, tapi nanti kita disuruh reboot dulu. kalo udah balik lagi ke aplikasinya. dengan keadaan data internet kita yang lagi off. kalo on. nanti gl tools kalian T E R C Y D U C K alias harus beri official dari google playstorenya. sesudah itu cari aplikasi mobile legendnya dan nanti kalian di suguhi beberapa menu. nah menu menu tersebut adalah setting an untuk mobile legend kalian nanti. untuk penyettingannya. kalian simak screenshot dibawah ini.


nah kurang lebih untuk settingan harus kalian samakan seperti diatas. untuk beberapa pilihan ada beberapa menu lanjutan yang harus kalian samakan. untuk menu use lower render resolution kalian bikin custom trus bikin jadi 150% atau kalau mau lebih bisa dibikin 200% tapi jangan lebih dari itu ya, ga pengaruh sih. tapi makin besar render mungkin bisa bikin lag di moment tertentu.

untuk use a template. GPU nya kalian pilih Adreno 530. pokoknya yang paling tinggi deh. lalu kalian pencet lagi. kalian pilih CPU 8 CPUs. selanjutnya kalian pilih lagi lalu pilih RAM 8gb. nah setting gl toolsnya sudah cukup sampe itu aja. sekarang waktunya pengetes an. untuk hasil nya gw udah siapin beberapa screenshot perbandingan antara kualitas HIGH yang tanpa racikan + kualitas LOW yang udah diracik.

Kualitas HIGH Original dengan hasil rata-rata 21 FPS

Kualitas LOW dengan gltools dengan rata-rata 30 FPS
nah kalian bisa bandingin mana yang lag dan yang lancar. kadang ada yang bilang. punya gw lancar tuh ga lag tanpa gltools. yakin? coba test FPS nya dapet berapa? gamungkin dapet sebesar ini di andromax a. untuk kualitas gambar. sudah hampir sama ama yang set HIGH dan mengurangi pengalaman bermain mobile legend.

Ini beberapa pernyataan temen-temen yang udah test:

sebenernya udah banyak review dari temen temen yang udah coba semua cara diatas. tapi gw ambil contoh satu aja yang udah make. yang dibawah ini tanpa gltools


untuk yang kedua ini ada yang saranin juga untuk pengguna base CM. dibawah ini sarannya yaitu mengedit build.prop nya. untuk build.prop nya kalian samakan yang dibawah ini. kalo bagiannya belum ada. kalian tambahkan aja sendiri di build.propnya


oke sekian dulu dari gw. mungkin gw akan update dengan postingan baru gw. soalnya waktu itu gw agak males posting soalnya blog gw banyak yang copasin, ya gw ga melarang sih cuman kalo bisa link download jangan di direct ke link downloadnya langsung. harusnya ke blog gw lah. tapi okelah udah gw laporin ke google. semoga pengcopaser postingnya segera dihapus.

bagi yang kalian yang merasa tutorial ini membantu. kalian bisa share pengalaman kalian melalui komentar dibawa biar kita bisa saling diskusi. atau mau memberi saran tambahan agar game ini tambah lanjay kalo pake trik kalian. oke bay bay guys, see you later

{ 22 komentar... read them below or Comment }

  1. Mantav gan, ane Suka, moga moga barokah Dan masuk syurga.�� Semoga tuhan YME memberikan jalan yang lurus supaya ga bengkok ��

    BalasHapus
  2. Data udah mati kok tetep aja keciduk yaa

    BalasHapus
  3. Baru ini tulisan banyak tp gua baca Ampe abis
    Bgsat keren
    Penyampaian mantb
    Okeh lgsung otw nyoba

    Diberikan doa dan makasih aja dah yaa :'v

    BalasHapus
  4. Need help om. FC Mulu pas mau ke in game. Posisi Zen c 2gb, rom fox flat nano nano :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada solusinye sih. Mayan stabil 30fps
      -Uncentang force 16 bit rendering
      -Use lower tender resolution : 1x (disabled)
      -Settingan mobile legends : High mode
      Mungkin ada solusi lain ?

      Hapus
  5. Buat pengguna android, nih ada app buat dapetin Diamond Mobile Legends Gratis secara mudah tanpa modal dan legal modal HP aja , bisa ditukerin juga sama STEAM gift card, Diamond Rules of Survival, Diamond Mobile Legends, Gems COC , Google Play gift card, paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon, ItunesGiftCard, dll
    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke install buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Terdapat captcha, isi sesuai captcha yang muncul
    5. Abis itu ada kotak invitation code, masukan kode premium FN85301
    6. Setelah masukan kode premium diatas kalian akan dapat bonus $0.30, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$.
    7. Wajib download aplikasi yang ada di app tersebut, agar dollar dapat bertambah lebih cepat
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
    11. Terus kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card (Diamond Mobile Legends, Diamond Rules of Survival, Gems Clash of Clans, dll), steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard

    Jangan lupa share trik ini ya :)
    http://www.gozhim.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. udah ganti device gan. ganti ke mido. lupa backup themenya juga

      Hapus
  7. Itu kalo di rom vivo ada bug nya nggk min?

    BalasHapus
  8. minta temanya gan, ane cari tema ios gak sesuai semua, mimin kan baik

    BalasHapus
  9. gan klo hp samsung galaxy v plus itu kek mn caranya?? dh gue coba tp pas naik lev 2 nya malah g bsa tolong ya:v
    trus pas mo ke pengaturan malah g bsa jgk tolong dong cariin caranya ok itu aja

    BalasHapus
  10. Gan mau nanya dong itu agan pake custom ROM apa ya?

    BalasHapus
  11. Gue ada tips klo masih lag saat main ml kalian gak usah centang use fake gpu dan fake cpu dijamin gak lag lagi. Oh ya kalian jg bisa tambahin kernel adiutor bila perlu biar makin ngacirr. Udh d test di rom miui 7 andromax a

    BalasHapus

- Copyright © 2015 Adib Febrian Blog's - Shiroi johanes D - Powered by Blogger - All Right Reseved Adib Febrianto -